Siapa yang gak kenal buah blueberry? buah mungil dari kelompok buah sejenis dengan strawberry ini ternyata memiliki manfaat yang besar. Rasanya gak salah kalau buah blueberry ini disebut dengan “kecil-kecil cabe rawit”. manfaat buah blueberry diantaranya dapat mencegah kanker juga penyakit jantung. Bagaimana bisa buah semak yang berasal dari amerika utara ini memiliki begitu banyak khasiat? Yuk kita cari tahu.

Temuan mengenai manfaat blueberry ini dipersembahkan oleh James Joseph dari Tufts University dan Dorothea J Klimis, Maine University. Keduanya ilmuwan nutrisi. mereka menemukan berbagai manfaat yang terkandung dalam blueberry ini. warna gelap yang dimiliki buah yang satu ini bukan hanya pajangan saja ‘coz kandungan senyawa anthocyanin yang terkandung dalam phytonutrient, zat yang memberi warna gelap pada blueberry ini berperan sebagai anti-oksidan. Proses penuaan, polusi dan kegiatan kita sehari-hari menyebabkan terjadinya penumpukan oksidan dalam tubuh. Oksidan adalah radikal bebas yang menempel dengan sel yang merusak membran serta materi genetis sel. Proses inilah yang memicu timbulnya kanker atau penyakit lain yang berhubungan dengan penuaan.

Phytonutrient mencegah hal ini dengan cara ‘mengorbankan diri’ sehingga oksidan, yang juga dapat menyerang sel syaraf , tidak menempel pada sel, tapi pada dirinya sendiri yang kemudian ikut terbuang bersama kotoran tubuh sehingga penyakit dapat dicegah.

Manfaat lain Blueberry adalah meningkatkan kapasitas ingatan jangka pendek (short term memory) yang kita perlukan untuk memastikan hafalan tetap ada di otak sembari menunggu disimpan di gudang ingatan yang lebih permanen;kemampuan mempelajari ruang (spatial learning) yang anda butuhkan saat menghafal jalan, serta meningkatkan kemampuan motorik.

Tidak hanya itu, Blueberry juga mengandung unsur kimia merupakan zat anti peradangan. bebas radang juga menyebabkan lancarnya aliran darah, yang akan menjaga asupan energi untuk fungsi mental (mengingat , memecahkan masalah, dll) menjaga mood tetap senang serta mencegah pengerasan dinding arteri (sehingga mencegah penyakit jantung). berkaitan dengan penyakit jantung , blueberry juga menjaga zat nitri oksida yang membuat dinding arteri arteri tetap fleksibel yang  merupakan kondisi yang dapat mencegah terjadinya penyakit.