Deskripsi

Tinggi tanaman berkisar antara 5-9 m. Umur tanaman pendek. Sifatnya genjah, mulai berbuah pada umur satu setengah tahun. Buah matang kira-kira empat bulan setelah pembungaan. Bentuk buahnya bulat atau agak lonjong.

Manfaat

Tanaman nangka tergolong serba guna. Buahnya yang muda dapat disayur (gudeg). Sementara buah yang matang enak dimakan segar. Bijinya enak dimakan setelah direbus. Daunnya untuk pakan ternak. Batangnya yang telah tua baik sekali untuk bahan bangunan. Warna batang semakin kuning tua, mutu kayu untuk bahan bangunan semakin tinggi.

Syarat Tumbuh

Meskipun tanaman nangka dapat tumbuh hampir di semua tempat, tetapi tempat ideal untuk pertumbuhannya adalah daerah yang berketinggian 1-700 m di atas permukaan laut.

Pedoman Budidaya

Perbanyakan tanaman diperbanyak dengan biji. Namun, saat ini dikembangkan dengan cara sambungan. Batang bawah dapat digunakan untuk perbanyakan dengan sambungan. Walaupun dapat diperbanyak dengan okulasi, tetapi cara ini jarang digunakan. Bila bibit berasal dari biji, tanaman mulai berbuah pada umur 2-8 tahun. Namun, bibit dari sambungan sudah bisa berbuah pada umur 2-3 tahun.